welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome welcome Vie's Creation: Teknik Komunikasi

Selasa, 15 Juni 2010

Teknik Komunikasi

Teknik komunikasi merupakan mata kuliah pokok dalam pelaksaan perkuliahan di jurusan perencanaan wilayah dan kota. Mata kuliah ini membahas prinsip, metode, dan praktek komunikasi yang diperlukan oleh seorang perencana. Menurut beberapa akar ktaperencaan, komunikasi ini dianggap sebagai salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang perencana, disamping penguasaan terhadap materi, metode analisis, dan kemampuan pengambilan keputusan serta penilaian etika. Hal ini dikarenakan suatu dokumen perencanaan yang disusun melalui penerapan metode analisis yang canggih belum tentu efektif ketika dilaksanakan bila cara penyampaiannya tidak tepat.
Pencapaian tujuan itu didukung dengan pemberian tugas-tugas yang berkaitan dengan Teknik Komunikasi. Contohnya adalah pembuatan poster, website, dan film. Poster merupakan media komunikasi yang efektif. Poster dibuat dalam bentuk dua dimensi yang terdiri dari gambar–gambar dan beberapa kalimat pendukung yang dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu. Misalnya sebagai media penyampai informasi atau sarana kampanye sosial. Website merupakan sarana representasi online dari seseorang, kelompok, ataupun korporasi yang membuatnya dan merupakan salah satu sarana komunikasi paling strategis untuk menyampaikan atau memperkenalkan berbagai jenis informasi yang ingin kita share¬ kepada semua orang. Film Film merupakan media komunikasi audio visual, yang berfungsi memberikan informasi kepada audience. Selain memberi informasi film juga dibuat dengan tujuan memberi gambaran dan sebagai hiburan. Pemberian tugas ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa planologi. Karena disamping mahasiswa dapat berkomunkasi dan memberikan suatu informasi secara efektif dan menarik, mahasiswa juga dapat mengkampanyekan apa yang menjadi tugasnya, baik itu kampanye social atau pun kampanye budaya.
Pesan dan Saran
Pesan dan saran untuk mata kuliah Teknik Komunikasi antara lain:
• Pengajaran mata kuliah Teknik komunikasi akan lebih baik dengan diperbanyaknya praktek secara langsung. Misalnya, dengan diperbanyaknya presentasi individu di setiap pertemuannya agar mahasiswa lebih trampil dalam berkomunikasi.
• Untuk pemberian tugas besar, yaitu pembuatan poster, website, dan film itu sudah sangat bagus dan perlu dipertahankan karena hal itu dapat menumbuhkan kreativitas serta mampu mengembangkan kemampuan berkomunikasi para mahasiswa.
• Adanya perkuliahan dengan dosen tamu dari suatu instansi-instansi ataupun organisasi sangat bagus dan perlu dikembangkan. Karena dengan adanya dosen tamu tersebut, mahasiswa dapat menemukan referensi ataupun pengetahuan yang tidak mereka dapatkan pada saat mata kuliah seperti biasanya. Dengan kata lain, hal ini dapat menambah wawasan para mahasiswa.

1 komentar:

Putry Ayu Aryany mengatakan...

saran-2nya bagus...semoga sran2 bisa membuat kuliah tekom selanjutnya menjadi lebih baik..amin.